Tuesday, May 25, 2010

Dikuburkan , namun tidak sebagaimana mestinya..........?????


Ketika kemaren sabtu , saya sedang menunggu waktu sholat ashar dimasjid,

tiba2 teman disebelah menerima telphon dari seseorang yang mengatakan bahwa suaminya meninggal  dunia tadi pagi sekitar pkl  04.00 am….

namun karena dia dan keluarganya dari kaum syiah, sementara suaminya non syiah,

dia bingung mau dibagaimanain ini suami??????????????

 

Karena bingungnya, maka dia menelephon teman saya yang dia tau juga non syiah (tapi sebelumnya adalah syiah) , setelah menceritakan semuanya ,

intinya dia minta tolong  agar ada yang menangani penguburan suaminya dari pihak non syiah…

 

Saya jadi bertanya2….emang syiah bagaimana cara melakukan ibadah penguburannya??

Apakah berbeda dengan kita??

Apakah tidak di kafani?

Apakah tidak di sholatkan??

Apakah ada upaca dan sebagainya????

 

Terus terang saya tidak tau masalah ini dan reflek saya berkata, lho??? Emang apa salahnya :""

kenapa dia mendiamkan mayat suaminya dari pagi hingga pkl 04.00 sore?? ,Dan tidak melakukan apa2????

 

Teman saya mengatakan :,ya karena istri dan keluarganya syiah..

jadi mereka gak tau bagaimana tata cara penguburan diluar non syiah??

 

Iya, tapi meski dia syiah, kenapa tidak bisa?

Syiah itu Islam kan????

Kenapa dia tidak menghubungi masjjidnya, atau ulama mereka atau apalah dan lakukan tata cara semestinya agar suaminya bisa dikebumikan secepatnya sebagaimana 

mestinya….

 

Teman saya tertawa terkekeh-kekeh, :"kamu bilang apa???? Kamu gak tau ya, kalau mereka biasanya jenazah itu akan disimpan dulu selama beberapa hari ,

terus nanti ada orang2 akan datang, membacakan puisi, membacakan sajak, dan syair2 kuno, lalu menceritakan cerita-cerita tentang orang2 sholeh atau imam sesuai dengan yang mereka ikuti…………...

dan semua pengunjung biasanya diharuskan memakai pakaian berwarna hitam, bahkan sebagian, meski mengaku syiah, ada yang tidak dikafani tapi dipakaikan baju terbaiknya mirip dengan upacara  non muslim…walakadah

 

Makanya  istrinya bingung karena suaminya berpesan gak mau dilakukan upacara pemakaman ala syiah….?????????

 

Wadowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww,

ini pengalaman pertama saya mendengar ada muslim yang dikebumikan namun tidak dengan cara Islam.


Anyway benar tidaknya wallahu alam, namun itulah adanya karena teman saya tersebut mantan syiah…………...

jadi dia tau betul masalah itu…


9 comments:

  1. Wadowww jugaa..betul syiah itu islam..dan jika ada yg meninggal sama perlakuannya dgn saudara2 muslim kita yg lain..dan temannya yg mantan syiah itu tidak tau betul masalah itu..:D

    ReplyDelete
  2. oow.. syiah mah beda ama islam..... menurutku... dah di luar islam itu
    al qurannya beda...
    sholatnya beda....
    kalo udah itu udah menyimpang bgt... padahal yg di hisab pertama kali itu shalatnya...klao shalat nggak ngikuti cara semestinya trus gimana?.... Naudzubillahmindzalik ...semoga kita di beri keistiqomaan yg kuat di jalan yg lurus dan khusnul khotimah ...amiiiin

    ReplyDelete
  3. ini dia.. ternyata emang syiah ditemapt saya berbeda, karena saya ingat 2 tahun lalu ada yang meninggal juga dan jenazahnya ada di rumah duka selama seminggu baru dikuburkan.

    mungkin syiahnya juga beda2....aliran kali ya..

    ReplyDelete
  4. iya ternyata saya baru tau tetangga sebelah saya persis syiah, dia itu kalau sholat cuma 3 kali, subuh, zuhur/asar, maghrib/isya, yg 4 terakhir digabung.
    terus kalau puasa,waktu iftar/bukanya waktu azan isya bukannya maghrib..

    Insya Allah semoga kita terhindar dari golongan yang demikian dan senantiasa mendapat hidayah dari ALlah.....

    ReplyDelete
  5. he he he.. wong saya juga baru tau koq....

    ReplyDelete
  6. Mbak, info baru buat aku nih...
    jadi bener ya kalo Syiah itu amat menyimpang.
    haduuuhhhh, menakutkan, mati nggak dikafani, jenazah nggak segera dikubur. Naudzubillah...
    tfs Mbakku *ngaku-ngaku*

    ReplyDelete
  7. wisye....ini yg bikin saya bingung, ternyata syiah itu macam2...
    soal tdk segera dikuburkan itu ternyata soal biasa buat mereka....terutama kalau ada keluarga/family dari luar kota harus ditunggu meski 2-3 hari baru datang....
    anyway wallahuallam........

    ReplyDelete
  8. wah yg ini kelewatan balasnya, teman sayaitu orang Iran dan karena penyimpangan2 syiah lah makanya dia keluar dari syiah..
    salah satunya, begitu amsuk masjid bukannya tahyatul masjid tapi tafaw alias mengelilingi makam imam dulu sebanyak 7 kali....(karena dia tinggal tidak di Iran lagi) masjidnya bikin makam palsu dari salah satu imam yaitu yg dikenal dengan nama imam reza..di dalam masjid di amrik sono

    ReplyDelete