Thursday, May 20, 2010

Manusia ciptaan sempurna.....................

Akhsan jadalan = pada dasarnya manusia itu memang diciptakan dengan diberikan aqal dan fikiran, manusia memiliki ego, nah ego yang tinggi ini menyebabkan manusia memiliki sifat keras kepala.


Orang yang suka membantah adalah orang yang keras kepala, merasa dirinya benar dan akhirnya membantah, padahal mungkin saja dia salah.

nah kalau benar sih ya Alhamdullilah dan gak masalah.


Dengan aqal yang diberikan Allah itu kita diminta untuk

  bisa mengendalikan ego , agar tidak  suka membantah,


seperti malaikat , kerjanya sami'na wa atho'na.....

cuma beribadah saja terhadap Allah SWT.

Gak punya ketertarikan lainnya selain dari pada beribadah menyenangkan Sang Pencipta Allah SWT.

 

Sementara makhluk ciptaan Allah lainnya yaitu syetan kerjanya membangkang terus menerus………..tak ingin patuh pada perintah Allah, apapun alasannya.


Dialah sang pembangkang sepanjang jaman, dan ingin menyesatkan orang agar pada akhirnya kelak berada bersama dengannya di neraka jahannam

 

Dan ciptaan Allah yang paling sempurna diantara semua ciptaanNya adalah manusia.

Manusia diciptaan dengan aqal sebagai salah satu kelebihannya dari makhluk ciptaan Allah lainnya, dan posisi  manusia berada diantara keduanya…………...alias ditengah2 , diantara malaikat dan syetan.

 

Manusia diciptakan hendaklah mampu mengontrol hawa nafsunya, dengan mempergunakan aqal yang diberikan oleh Allah, dengan cara itu  kalau manusia itu baik , maka dia bisa mengendalikan nafsu dan  egonya,

maka dia bisa lebih baik dari malaikat, namun sebaliknya  yang tidak bisa mengendalikan nafsunya  maka akan jadi lebih buruk dari   pada syetan..

 

Faiza hua hasimu mubiin………...sifat buruk yang suka membantah, suka berkeluh kesah, kalau diuji dengan musibah mengomel, gak terima, gak sabar, menghujat.

Saat dikasi kebaikan pelit, bakhil kikir…

 

Semoga kita tidak termasuk kedalam golongan orang2 yang tidak mampu mengendalikan nafsunya dan  bukan pula dalam golongan orang2 yang disebut terakhir diatas...Insya Allah...

2 comments:

  1. aamin Allahumma aamin semoga hati kita dilembutkan oleh Allah swt utk menerima kebenaran dan memperbaiki kesalahan dan bukan termasuk manusia yg suka berbantah2an.

    ReplyDelete