Sunday, April 24, 2011

.BOLEHKAH membuka Hijab demi alasan pekerjan????


Jumat kemaren, saya bertemu dengan seorang saudari prerempuan dari London.

Dia sedang berkunjung ke rumah adiknya sekalian menghabiskan waktu spring break…..


Cerita punya cerita selepas sholat Jumat, dia bercerita bahwa dia melepas jilbabnya karena alasan bekerja……….

Sebelumnya dia selalu mengenakan jilbab, namun seiring dengan berjalannya waktu, keadaan dan situasi poloitik dinegeri asalnya  membuat dia menjadi pengungsi di Inggris………..


Negara berpenduduk mayoritas pemeluk anglican ini , ranah baru baginya, dan karena alasan bekerja, maka dia harus melepas jilbabnya…….

Masih menurutnya, dia sudah berkonsultasi dengan imam di daerahnya bahwa tidak mengapa melepas jilbab karena untuk  alasan bekerja, dari pada dia mendapat kesulitan dan tidak mampu membiayai keluarganya, serta memberatkan komuniti….. Insya Allah tidak mengapa karena Allah maha tau, semoga Allah memaafkannya, karena itu semata urusannya dengan Allah...." begitu yang dikatakan imam ditempatnya.

 

Terkejut aku mendengarnya, apakah ini dibenarkan????


Apakah demi alasan pekerjaan, lalu membenarkan seorang perempuan untuk melepas hijab dan mempertontonkan auratnya???wallahuallam..

Namun buat saya pribadi, apapun alasannya kalau tidak mengancam nyawa , maka itu tidak dibenarkan………

Adakah yang mau berbagi pendapat, bagaimana menurut rekan2 sekalian??

14 comments:

  1. wah berat bahasannya. Sulit menjawab, karena posisinya termasuk sulit. Mudah2an si kawan diberikan hidayah dan kita diberikan kekuatan untuk tetap kukuh mempertahankan prinsip. Amin.

    ReplyDelete
  2. ya untuk sementara saya juga cuma bisa berdoa,semoga Allah memberinya hidyah dan menunjukkan mana yang benar.
    sebab saya percaya betul dengan surah an nuur 31 dan al ahzab 55, te
    ntang kepada siapa saja kita boleh membuka aurat kita...
    wallahuallam bissawab.

    ReplyDelete
  3. bukan mendapat kesulitan membiayai keluarga, akhirnya dia melepas jilbab nya, namun dia gak mau mencari jalan lain(altenatif) untuk mencari rezeki Allah. :)

    *maaf kalo sok tahu. :)

    ReplyDelete
  4. Hm, agak aneh, pekerjaannya apa ya, kok gak boleh berjilbab?
    Justru Inggris menurutku paling toleran soal jilbab, cadar dll. Aku n temen2 muslim Indoneria ga pernah ada masalah selama di sana, untk sekolah, kerja, dll, apalagi waktu itu ada kejadian bom teroris pakistan di London 2005. Malah inggris skrg satu2nya negara yg pny polwan berjilbab, Indonesia aja blm boleh.
    Cari kerja yg lain aja kali yach :-)

    ReplyDelete
  5. ini yang aneh menurut saya.....
    apakah benar seorang imam, yg notabene menurut saya sangat faham akan hukum islam, apakah dengan begitu saja membolak balikkan hukum Allah, begitupun saya tdk ingin suuzhon..............siapa yg benar sy tdk tau.
    tapi memang banyak sekali sy mendengar hal2 yg seperti ini, karena alasan pekerjaann etrpaksa harus melepas hijabnya...
    boleh dong mbak cerita lebih lanjut pengalaman berjilbab disana.......apa mungkin untuk bidang2 tertentu tidak diperbolehkan??? barangkali misalnya perawat atau yg bersentuhan dengan umum secara langsung??

    ReplyDelete
  6. Semua profesi boleh pake jilbab mbak, guru, perawat, dokter, arsitek, dosen, org indonesia yg Muslim bnyk kok yg kerja pake jilbab n lancar aja.
    Aku dulu kerja dgn lembaga pemerintah jd petugas pemilu, oke2 aja gak ada masalah dgn jilbab. Yg gak boleh d mana ya? Mungkin di tmpt2 hiburan gt mbak.
    Kalo emang gak kepingin pake jilbab jg gapapa, hak individu ya. Apalagi skrg menjelang musim panas, nanti panasnya pol! Asal bkn jd alasan dibolehkan agama. Itu imamnya dr mesjd mana ya?

    ReplyDelete
  7. semoga temen mba mendapatkan hidayah kembali..

    ReplyDelete
  8. nahini dia sy gak tau, di acuam bilang dr london, dan akan kembali besok....
    say ketemu ketika sedang sholat jumat, setelah selesai dia tanya2....
    dan keluarlah cerita soal dia terpaksa melepas jilbab karena alasan bekerja.......terus terang sy sendiri tdk percaya rasanya tdk mungkin, karena kan kalau ditempat sy ada peraturan khusus equal environtment, agama tdk boleh dijadikan alasan untuk tdk menerima seseorang menjadi pegawai,meski pada prakteknya diskriminasi selalu ada....

    ReplyDelete
  9. aamiin, semoga segera..
    sebenarnya bukan teman, cuma kebetulan ketemu ketika sama2 sholat jumat, dia berkunjung ke kota saya , menemui keluarga adiknya........

    ReplyDelete
  10. tidak apa2 mbak....sy sendiri ragu dengan alasannya
    karena ditempat saya banyak sekali yang dinegaranya memakai jilbab/hijab. begini keluar langsung melemparnya ke tong sampah..................
    katanya, ya harus menyatu dengan lingkungan dan menyesuaikan diri...............nauzubillahi min zalik...
    semoga kita tdk termasuk dalam golongan orang2 yg demikian

    ReplyDelete
  11. selama benar-benar tidak dalam keadaan sangat terpaksa, tidak punya pilihan lain, ya ndak boleh...

    ReplyDelete
  12. sebenarnya di indonesia juga banyak sekali pantai yg bersih dan alami, cuma emang biasanya yang belum tersentuh komersialisasi, bedanya karena disini aturan benar2 ditegakkan, kebersihan adalah hal yg utama sehingga terlihat bersih dan terawat..kalau keindahannya ya sama malah indonesia lebih indha menurut saya

    ReplyDelete
  13. teman sekantorku ada yg membuka jilbab krn gak boleh oleh direksi. dan dia mematuhinya. alhamdulillah aku jg pake jilbab tp gak pernah disuruh lepas oleh kantor atau siapapun. hidup ini pilihan. kalo kita pny keyakinan yg kuat, gak akan bs goyah hanya krn materi....

    ReplyDelete
  14. nah tuh kan di tanah air aja masih ada yg meminta karyawannya untuk membuka hijab ya?????
    wah selamat ya mbak, semoga tetap dalam kondisi seperti ini untuk seterusnya Insya Allah..

    ReplyDelete