Monday, July 30, 2012

Beri dan Jawablah Salaam dengan baik......


Bila orang memberimu salam dengan salam (yang baik), maka balaslah dengan salam yang lebih baik, Atau (sedikit2nya) sama baiknya Allah memprehitungkan segala sesuatu. QS 4 : 86..

 

isi dari ayat ini adalah membalas salam itu  keharusan bagi kita.

 

Jadi teringat ada suku bangsa tertentu yang saya temui, setiap kali saya beri salam, dia cuma mendelik memperhatikan saya tanpa mau menjawab...satu , dua , tiga kali saya tetap memberi salam, hingga akhirnya saya bertanya, ;"kenapa wahai saudariku??? setiap kali saya memberi salam kenapa engkau hanya menatap padaku tanpa membalas salamku????? adakah yang salah dengan wajahku yang buruk ini?? sehingga engkau begitu khawatir untuk menjawabnya????",namun tak ada jawaban yang kudapat.

 

Hingga suatu hari aku mendapat sahabat dari suku bangsa tersebut dan kutanyakan keherananku ini padanya............akhirnya kutemui jawabannya : "memang begitulah sifat bangsaku, kalau mereka tidak mengenalmu ,mereka tidak akan menjawab salam terbaik darimu"

ach sungguh sayang......seribu kali sayang padahal salam yang kuucapkan itu adalah salam bangsaku, salam bangsanya dan salam seluruh bangsa didunia ini, sebuah salam yang akan selalu dan selalu aku ucapkan pada siapa saja , baik yang aku kenal maupun yang tidak kukenal, dimana saja dan kapan saja aku bertemu dengan mereka, salam terindah yang  kumiliki dan dia miliki, yang kita semua miliki

sebuah salam yang aku ucapkan padanya disalah sebuah rumah Allah .....namun dia enggan menjawab atau membalasnya...............

och alangkah meruginya dia..karena Allah memerintahkan ummatnya untuk membalas salam terindah yang diucapkan orang pada kita ..sebuah salam yang menandakan bahwa kita bersaudara................Assalamualikum warrahmatullahi wabawakatuhhu.......

No comments:

Post a Comment