Monday, September 12, 2011

Roti isi


Description:
Lagi iseng, sambil latihan ngetik ceritanya pengin mencapai target 50 kata/mnt dengantingkat akurasi diatas 95%, ech ternyata susah benar ya, emang bukan typist jadi tetap aja diabwah 40...gak naik2.......sebeeeel banget, akhirnya ,pelampiasannya bikin roti deh, kalau biasanya bikin roti boy yang atasnya coffee dan wangi, serta isinya keju mentega, tapi kali ini ingin diisi dengan ayam aja dech ditumis dengan wortel, mau beda bosan makan yg manis2.........yukkkkk kita kedapur , goreng komfor yuukk.

Ingredients:
Resep Roti:
500 gram tepung terigu protein tinggi
4 sm gula
11 gram ragi instant ( 1 bungkus kecil)
1 butir telor
200 ml air es (saya pakai susu cair)
½ sdt garam
25 gram mentega


Untuk biang pengembang :
2 sm air hangat, 1 sm gula, campur dengan yeast (ragi instant) aduk hingga semuanya menyatu, lalu diamkan sekitar 10 menit.
Kalau raginya bagus, adonan akan berubah jadi membentuk buih dan mengembang hingga memenuhi mangkok.


Directions:
Untuk membuat adonan roti :
Dalam wadah gedhe taruh tepung terigu, mentega, gula, telur, masukkan adonan biang aduk2, sambil dituangi air (susu cair) sedikit demi sedikit aduk semua bahan hingga tercampur rata. Masukkan garam Aduk2 kembali agar garam bercampur menyatu dengan adonan.
Aduk terus hingga didapat suatu adonan yang tidak lengket ditangan (kalis) dan elastis.
Tutup adonan dengan kain basah dan di diamkan hingga mengembang 2 kali lebih besar, tergantung suhu ruangan anda, saya biarkan sekitar 1 jam.
Setelah adonan mengembang sesuai dengan yg diinginkan,aduk balik sebentar , agar udara yang terperangkap didalam adonan keluar, lalu diamkan kembali sekitar 15 menit.

Setelah itu ambil atau bagi2 adonan sekitar 60 gram (atau sesuai selera) saya sich asal comot aja, gepengkan isi dengan bahan isian yg sudah disediakan, tutup dan bentuk bulat2, lalu taruh di loyang, lakukan hingga adonan roti habis.
Diamkan sekitar 15 menit
Panaskan oven dengan suhu 180'C ( 350 'F).

Untuk pemulas roti :
1 butir kuning telur kocok lepas, tambahkan 2 sm susu cair aduk hingga menyatu, sapukan diatas roti dengan kuas, lalu masukkan roti ke dalam oven, panggang sekitar 15-20 menit hingga kuning kecoklatan. Angkat.


Untuk bahan isi:
Roti bisa diisi sesuai selera misalnya campuran keju dan mentega, tumis sayuran, coklat, pisang, kelapa unti dll
Roti kali ini saya isi ayam yang ditumis dengan wortel serut……….kata anak2 sech uenaaaaak dan yummy…..biasanya saya bikin isinya keju+mentega, tapi kali ini ingin yg lain. Dan inilah dia jadinya.

No comments:

Post a Comment