Thursday, November 26, 2009

Protes si kecil untuk mamanya


Waktu barjalan seolah berlari dan aku ketinggalan dibelakang, tidak terasa 9 tahun berlalu……dan semua kenangan indah maupun sedih berada jauh  dimasa lalu..


Si bayi mungil kini sudah  tumbuh menjadi jagoan kecil yang kerap kali membuatku tercengang menghadapi  kesehariannya.


Suatu kali ..sepulang sekolah, seperti biasanya dia akan menyimpan  tas sekolahnya dan cepat2 wudhu untuk melaksanankan sholat zuhur, kadangkala meski sudah di ujung waktu aku tetap memintanya untuk melaksanakan, soalnya  disekolah tidak ada sarana buat dia untuk itu.

“Oh..mom, I am tired, pissed of and gonna die…..” katanya sambil menjatuhkan diri didepanku.
“Ada apa? Tanyaku,
Cape banget, hari ini mataharinya terik banget, kita ada kegiatan PE (Physical Exicerse), mengelilingi lapangan 5 kali….

Oh…kataku, ya udah sana minum dan cepatan sholat, waktunya hampir habis.

Selesai sholat kutemani dia makan dan tanpa diduga2 dia bilang, “mom do you know that sometimes you’re annoying?”

Wach sebagai orang tua, ditanya begini oleh anaknya, harga diriku rasanya tersinggung.....!!!!!!!!!, tersinggung banget,!!!!!!!!!!! bagaimana tidak anak yang ge gendong-gendong dari kecil ech bisa2nya sekarang ngomong begini????

Namun dengan muka sok wibawa dan ditenangkan  kucoba meredam jengkel dan bertanya, “emangnya  ada apa dan kenapa, koq tanya begitu”.

Jawabnya,” iya kadangkala orang tua suka begitu, merasa selalu benar dan gak mau disalahkan. conclusion is selfish....!!!!!!" katanya
“And do you know that you have 65% possibility to be criticized?”
Lho kenapa lagi nich?” tanyaku,
“Ya karena kadang2, bahkan seringkali mama tuch  tidak sabaran…pengennya apa2 itu cepetan , terus  inginnya anaknya punya cara pikir seperti mama, ya gak bisalah, setiap orang kan punya tipikal sendiri-sendiri, kalau mama begitu ya belum tentu anaknya begitu ???, kan isi kepalanya berbeda?”
And  sometimes you  are giving order like you’re a commander in an army, and you wont take any order .“ tambahnya lagi
“what about you? Tanyaku,
I have 0% to be critized”,jawabnya enteng bangetasatagfirulaah.......tega niat dech ini anak gue..
“why” kataku sambil memandang wajahnya yang imut2 namun koq ya berani2nya ini anak kecil masih bau kencur koq ngeritik mamanya  sendiri, pastinya ini limpahan uneg2 perasaannya tentang sikapku selama ini
“because I have no reason to be criticized and I never giving any order, instead of I received order from you and you want me to always please you”
Oh…..itu tidak fair, saya punya 65% kemungkinan untuk dikritisi dan kamu nol? Tanyaku mendelik.
Tahukah kamu kadangkala kamu itu menjengkelkan juga?
Ya..itu karena mamanya yang tidak punya kesabaran dalam menghadapi anak-anak.
Wah   wah wah……… ternyata anak sekarang  seperti ini ya
Apakah anak2 yang lain juga seperti itu atau cuma jagoan kecilku saja yang seperti ini?

He he he………….senyum kecut aku mendengar kritikan  yang keluar dari mulut anakku sendiri.
Emang ada benarnya juga, (eh banyak benarnya koq) sebagai orang tua kita (ech salah aku  kadang memang egois  ) selalu merasa paling benar, punya hak untuk menyuruh dan gak mau disuruh .
Dan iya benar  juga ya, kita pinginnya anak2 kita bisa melakukan seperi apa yang kita lakukan, kalau kita punya inisiatif  to do something, kita juga berharap anak kita has the same thing as the way we are, dan ini memang tidak mungkin .

Dan yang paling  bikin aku terheran-heran, ini adalah bayi mungil yang dulu aku timang2 ..tapi sekarang sudah bisa menyanyi mengeluarkan kritikan atas sikap bundanya sendiri…………what amazing thing.

Tapi cukup  pedas juga untuk bisa menyentil rasa egoismeku………Insya Allah I will do my best to do a necessary improvement. And thank you  for yr tought, my lovely son.

Wallahua’lam bissawab
Assalamualaikum wr wb.
Allah Hafiz

Satu lagi sindiran untuk diri sendiri

SM. Agustus 28’2007.

No comments:

Post a Comment