Tuesday, November 17, 2009

Sabar adalah musuh terbesar syaitan................!!!!!!!!!!!!!!!!!

Nasehat dari Rasul SAW

 

 

Seorang sahabat  (Sulaiman bin Surad) sedang duduk dengan Rasul SAW , ketika ada dua  orang sedang berseteru, saling tuding , saling memaki , hingga salah seorang diantaranya terlihat begitu merah raut mukanya dan  urat lehernya menegang karena marahnya.

Pada saat itu Rasul SAW berkata:” saya tau kata yang  harus dia ucapkan untuk menghilangkan  kemarahannya yaitu :  Auzhubillahi minash-shaitan nir rajiim ( aku berlindung  pada Allah dari syetan yang terkutuk ) Hadish riwayat Buchari – Muslim.

 

Meskipun marah adalah sebuah proses emosi alamiahdan kadang-kadang diperlukan , namun kita harus ingat bahwa  setan yang merupakan musuh terkutuk kita selalu ikut campur dan berusaha untuk merayu manusia agar mengatakan atau melakukan sesuatu yang sangat dimurkai oleh Allah SWT dan yang tidak mungkin akan menjadi penyesalan  seumur hidup kita pada akhirnya…….

 

Maka barang siapa yang dengan mudah terpancing amarahnya atau siapa yang tidak mampu mengontrol emosi amarahnya disarankan untuk menerapkan nasihat ini dalam kesehariannya yang Insya Allah akan sangat membantu dalam meredakan marahnya.

 

Dari pelajaran diatas asya ambil kesimpulan bahwa : “SABAR ITU ADALAH MUSUH SYETAN “

Kenapa?? Karena orang yang sabar , selalu dijauhi setan, sebab dia akan mempergunakan akal sehatnya sebelum bertindak sehingga terhindar dari perbuatan yang mungkar dan dimurkai Allah.

Sedang orang yang dikuasai oleh marah, akan kehilangan akal sehat sehingga segala tindak tanduknya diluar control akal sehat, yang bias membahayakan dirinya dan orang disekitarnya, dan pada akhirnya akan menimbulkan penyesalan berkepanjangan…

No comments:

Post a Comment