Sunday, October 24, 2010

4 Kategory manusia

Manusia itu dapat digolongkan kedalam 4 kategory menurut kondisi mereka dalam menghadapi apa yang disebut mati atau kematian :


 pertama 

Orang yang sangat terobsesi dengan dunia dan kehidupan dunia, sehingga melupakan kematian

Orang ini adalah orang2 yang tak pernah puas dan sibuk mengejar kehidupa materi, yang berupa kekayaan, ketenaran , dan sebagainya demi kesenangan dunia………mengira bahwa hidup akan selamanya dan tak akan mati.

Mereka akan begitu sedih jika kehilangan materi yang mereka miliki , jadi  stress dan gila tanpa berpikir bahwa suatu saat mereka akan mati.



 kedua

Golongan orang2 yang  selalu mengingat keberadan Allah, namun tidak bisa menerima kematian , karena merasa tidak siap untuk mati. Mereka tdk siap mati sekarang karena ingin memperbaiki amalan2nya, ingin lebih dekat dengan Allah

Sehingga mereka akan ikhlas mati jika mereka merasa sudah benar-benar  siap untuk itu..

 

Tapi tidak berarti bahwa mereka taku mati, tidak……. hanya merasa tidak siap karena merasa belum cukup ibadahnya.

Allah tidak suka menemui orang yang tidak ingin bertemu denganNya, karena mati berarti kembali dan bertemu dengan sang Khalik…

 

Orang dalam kategor ini adalah orang yang dilalaikan oleh kehidupan dunia dan pada akhirnya baru menyadarinya… dan belum mau mati karena kegagalannya dalam melaksanakan amalan ibadah sebelumya.

 

 

ketiga

Orang2 saleh, dan beriman

Orang yang melakukan semua perintah agama,selalu bertaubat, dan mencintai mati dan sangat menginginkannya,

Mereka mengingat mati dalam setiap detik-detik kehidupannya dan bahkan meginginkan kematian yang lebih cepat agar bisa terhindar dari kehidupan yang  fana dan penuh dengan dosa ini.

 

keempat 

Orang yang tidak memiliki keinginan selain hanya menyenangkan Allah semata, mereka tidak mencintai mati dan menginginkannya, begitu juga dengan kehidupan dunia, mereka tidak mencintai dan  menginginkannya sesuai dengan keinginan diri pribadi mereka, tetapi mereka akan mengingat  mati sebagai sesuatu yang akan mengakhiri semua kesenangan mereka didunia ini.Mengingat bahwa hidup ini hanya sementara………..

 

Dan inilah golongan yang terbaik diantara keempat golongan orang-orang diatas.

 

Rasul Saw berkata :

Jika para binatang mengetahui tentang kematian seperti kita mengetahuinya , maka tidak akan ada binatang yang hidup sehat yang bisa anda sembelih dan menjadi hidangan dimeja makan.

Karena semua binatang2 tersebut akan merasa sangat sengsara dan merana sekali karena ketakutan mereka terhadap yang namanya kematian.

 

 

Rasul SAW juga berkata, orang yang mengingat mati sebanyak sedikitnya 20 x sehari semalam, maka dia akan   mati dalam kondisi shahid Insya Allah…..atau dengan kata lain berucap

ALLAHUMMA BARIKLI  FILMAUTI,  WA FIMABA'DAL MAUTT..

Ya Allah,  berkahilah kematianku dan apa yang terjadi setelahnya, 

 

 

 

Rasul SAW melintasi sekelompok orang yang sedang tertawa dengan keras, lalu beliau berucap, ingatlah dengn sesuatu yang akan mengakhiri tawa dan kesenanganmu itu katanya.

Lalu seorang   sahabat bertanya apakah itu ya rasul Allah, dan beliau berkata, KEMATIAN.

Insya Allah, semoga bermanfaat.


2 comments: