Wednesday, December 30, 2009

Arti dari sebuah nama..............


"What is a name???" begitu pertanyaan dari sang pujangga terkenal Shakespear.....

Buat sebagian orang nama itu sangat berarti dan mempunyai makna yang sangat dalam, tapi banyak juga yang menagnggap nama hanyalah sekedar untuk membedakan dirinya dari orang lain............dangkal amat ya....tapi begitulah adanya..



Kupandangi dua orang bocah cantik yang sedang bermain sepeda, aku bertemu dengan mereka di Mekkah,karena asiknya mereka tidak mengetahui kalau aku memandang mereka sedari tadi, tergelitik hati rasanya ingin tau , lalu  kutanyakan "siapa namamu"?, tanyaku pada salah satu dari mereka yang sedang berada tidak jauh dari tempatku duduk. 

"Hmmm ………you can call me  Mekkah or Madinah", katanya sambil terus mengayuh sepedanya memutar dihalaman.

"Hmmm..bocah badung ", gumamku, karena kami sedang di Mekkah dan dekat dengan Medinah, maka seenak udelnya aja dia menjawab.

Aku melirik adik kembarnya yang sedang duduk mempermainkan kerudung dan bonekanya.

"Kalau kamu, siapa namamu hai gadis cantik?", tanyaku.

"you can call me Medina…", jawabnya singkat.

Aku terpana……mendengarnya

"Mmm dasar bocah kembar…..yg satu jawab seenaknya yg satu lagi ikut2an dech, emang dasar badung ya badung aja, aku ngedumel kesal sambil mesem2..merasa dikerjai gadis kembar ini..

Hmm kecil-kecil dach pintar ngerjain orang gimana besarnya nanti ya????? Aku bergumam sendiri….. tiba-tiba….

" Medinaaaaa………, where did you put the bottle?"

Suara seorang perempuan terdengar setengah berteriak dari dalam ruangan.

"I put it on the stair", sahut bocah yg sedang bermain dihadapanku..

 

"Oh….ternyata oh ternyata, jadi mereka emang punya nama Medina dan Mekkah….…och ternyata  och ternyata, jadi aku itu  salah duga, dan terlalu cepat berprasangka .

 

"Maaf……...aku kira mereka bercanda waktu mereka menyebutkan namanya dengan kedua nama kota tersebut..", kataku meminta maaf pada perempuan yang keluar dari pintu didepanku...

Iya…saya berharap anak2 saya ini menjadi  muslim yang baik seperti kedua kota itu kata sang ibu menjelaskan.

 

Mengernyit dahi ku mendengar nama itu, tapi ya itulah, setiap orang tua punya alasan sendiri2 ketika  memberikan nama yg menurut mereka paling terbaik tentunya buat anak2 mereka….

 

******************* 

Di mesjid tempat tinggalku, mungkin karena cintanya pada  Allah, seorang bapak memberi  nama anak2nya  dengan yg lebih ekstrim lagi. Kenapa kukatakan ekstrim, karena ini emang luar biasa dan baru sekali  ini aku dengar, yang satu dinamai Masya Allah dan yang satunya lagi dinamai Insya Allah.


Subhanallah………..bagaimana panggilan nya aku gak tau sebab gak bertemu langsung dengan anak-anak tersebut ….......

Yang jadi pertanyaan buatku adalah,  apakah kecintan pada Allah sampai harus diwujudkan dalam bentuk seperti itu? Wallahua'lam

 

Coba bayangkan itu anak, harus dipanggil apa ya???

Kalau dipanggil "Masya" kayaknya aneh, lebih aneh lagi kalau dipanggil Allah, dan yang satu lagi pasti dipangil dengan sebutan "Insya" kan gak mungkin dipanggil Allah juga………entahlah, only Allah knows the best.

 

Memberi nama pada anak emang sesuatu yg boleh dibilang gampang tidak gampang, tapi hendaknya janganlah memberikan nama sembarangan, seperti nama kedua terakhir di atas….

Bukan bermaksud suuzon atau berprasangka buruk, cuma koq rasanya tidak pantas ya....(ini tentunya menurut saya lho).

Begitupun saya mendoakan semoga, kedua anak2 tersebut Insya Allah mereka kelak akan menjadi muslim yg sholeh, tapi kalau seandainya tidak? Aku gak berani membayangkannya, tentu akan bertolak belakang dengan namanya………….

Doaku semoga mereka menjadi anak2 yg sholeh dan muslim yg ikhsan…..amiiiin(khulavez)

 

Wassalam

10 comments: