Saturday, February 19, 2011

Bak kacang lupa kulitnya........................duh Indonesiaku....

Hmmmm, indonesia banyak orang gak benar, di indonesia banyak korupsi, di indonesia gak enak, di indonesia gak teratur, di indonesia orangnya norak2……...dan sejuta kata yg sifatnya sangat mendiskreditkan……………


Kata2 itu meluncur dari mulut nya……….,begitu saja menceritakan pengalaman mudiknya beberapa waktu lalu....

 

Terus terang sedih rasanya , mendengar umpatan tersebut, tapi mau bilang apa, memang itulah kenyataannya.

Saya cuma tersenyum saja tanpa menanggapi atau berusaha untuk menyanggah.

 

Saya gak menyesal sudah berganti warga negara, Indonesia memang brengsek..bla bla bla…..

Saya bangga jadi warga A…….a, dan tidak  memegang  passport hijau dengan lambang garuda, kemana2 gak dicurigai, kemana2 mudah, kemana2 gak perlu visa, kemana2 gak  diliatin…………………...weleh…

 

 

Duh, ….kalau saja kata2 itu keluar dari mulut orang lain, yang tidak terlahir di bumi pertiwi, tidak dibesarkan dalam kultur yang saling tepo sliro, tidak pernah menghirup indahnya udara indonesiaku, tidak pernah duduk dibangku SD yang gedungnya hampir roboh, mungkin saya maklum dan tertawa mendengar kisah dukanya…..

 

Namun, sangat disayangkan umpatan itu terlahir dari bibir dan mulut seorang yang lahir  dan menumpahkan darah pertamanya di bumi pertiwi, menghirup asap polusi indonesia, duduk di sekolah SD inpres yang gratisan, dan makan jajanan abang2 didepan sekolahnya yang dirubungi lalar ………..

 

Yeah, kesempatan bagi setiap orang memang tidak sama, keberuntungan ada di pihakmu, bekal modal entah apa, engkau dinikahi orang kulit putih dan dibawa hijrah menikmati kesenangan hidup dinegerinya, memakai fasilitas modern dengan segala kemudahannya……………………….namun sangat disayangkan, engkau bak kacang lupa pada kulitnya..


Keindahan negeri baru,  begitu mempesona sehingga engkau tega mengumpat tanah kelahiranmu….

Mencaci maki petugas yang berusaha berbuat curang padamu, demi sepuluh dua puluh ribu rupiah………

 

Ach…...aku tau betapa negeriku penuh dengan kecurangan, ketidak jujuran , dan sejuta ketidak  nyamanan lainnya…

Akupun tau smua itu dan merasakannya, namun aku tidak berani mengumpatnya karena aku terlalu cinta pada negeriku…………….atau aku bak katak dalam tempurung, indahnya dunia orang tak mampu  merobah kulit  hijau kasarku, aku tetaplah si  kodok hijau…………...tidak berani berganti kulit jadi kodok lainnya..

 

Aku tetap bangga menunjukkan gambar garuda di passportku, meski harus rela digeledah, di curigai diselidiki dan banyak perlakuan tidak nyaman lainnya..

Tapi dulu…..dengan passport serupa, aku juga bisa bebas bepergian kemana2 tanpa harus memakai visa,….dan merupakan kebanggaan tersendiri menunjukkan passport garudaku ketika mereka berkata, "hmmmm beautiful country……….one day I wan to be there.."…..

 

Ach … beginikah kebanyakan sifat orang indonesia??? Kalau sudah merasakan enaknya , nyamannya hidup, lupa dengan asal usulnya, jadi ingat para pejabat yang dah menikmati empuknya kursi jabatan sehingga lupa berdiri dan ingin duduk terus disana………………

 

 

 

4 comments:

  1. jadilah warga negara. bukan sekedar penikmat negara.

    ReplyDelete
  2. Memang beginilah nasib negara kita yang indah dan kaya raya akibat dikelola oleh manusia-manusia yang kagak becus.

    ReplyDelete
  3. hmmm..
    sampai sejauh ini masih cinta tetap indonesia koq ( ^-^)

    ReplyDelete
  4. mau bilang apa pak......
    beginilah kenyataannya......

    ReplyDelete