Wednesday, September 19, 2012

Kebetulan...??????


Migrasid ari MP
July 05'2009

Seringkali kita mendengar kata kebetulan,  "tadi sedang bla bla bal... jadi sekalian mampir" atau,  "kebetulan saya sedang sholat ketika saat itu terjadi bla bla bla.. " pokoknya seribu kejadian yang kata orang2 terjadi secara kebetulan........
Tapi benarkah pemikiran kita itu???? terjadi secara kebetulan????? tidak..tidak ada yang kebetulan didunia ini, semuanya sudah diatur olehNya sang maha Pengatur...

Beberapa kali saya membicarakan suatu masalah dengan teman, kawan, sahabat dan tidak lama kemudian atau beberapa saaat kemudian atau besoknya, teman, kawan ,sahabat tersebut mengatakan, :"Lho koq kebetulan ya?? bukankah kemaren kita bilang mau ke rumah si Fulan  untuk membicarakan itu, sekarang orangnya ada disini ya sudah sekalian saja dibicarakan......".

Atau saya sedang membicarakan isi Al Quran di pagi hari dengan sahabat saya dan ketika kita siangnya ke mesjid dan melaksanakan sholat Jumat, thema khutbah koq ya persis sama dengan yang sedang kita diskusikan..........

Hal ini tidak terjadi cuma sekali, mulanya tidak diperhatikan tapi lama2 lho koq sering banget, hingga muncul pertanyaan di kepala, apakah itu yang suka disebut2 orang, "KEBETULAN"?????
Ternyata semakin didiskusikan dengan sahabatku, semakin aku mengerti bahwa tidak ada yang kebetulan didunia ini semua terjadi karena memang telah diatur oleh Allah....kita cuma menjalani saja, jadi kalau emang waktunya bertepatan, karena kita tidak tau ya kita merasa itu kebetula padahal emang waktunya diatur olehNya bertepatan, untuk apa????? untuk mengingatkan kita bahwa semuanya yang terjadi didunia ini ada sutradaranya yaitu Allah SWT..so jangan lagi bilang kebetulan ya......

Kemarin saya lihat photo disalah satu media ,  tentang perempuan Birma yang memakai lingkaran logam (bisa dari emas, perak, tembaga) tergantung keuangan sang keluarga, logam ini dipasang dileher setiap anak perempuan setempat ketika masih kecil dan akan tetap berada dileher hingga sang perempuan menikah, bahkan tidak jarang hingga akhir khayatnya, gunanya adalah untuk membuat leher si gadis jadi jenjang , dan tujuan utamanya adalah agar leher sang gadis jadi jenjang bak leher angsa......
Untuk apa???? agar terlihat cantik menarik dimata pria???? ach belengggu ketertindasan kalau menurut saya sich.....dan ketika saya tunjukkan photo sang perempuan pada sahabat saya...........langsung saja dia berkata, inilah salah satu sifat tak bersyukur dan takabbur dari manusia, coba kamu lihat QS : 36 ayat ke:8....... saya bingung ..dia langsung merujuk ke Al Quran......
langsung saya samber al Quran yang emang selalu tersedia didepan kompor....dan isinya mengambarkan apa yang ada di photo tersebut : Sesunguhnya kami telah memasang belenggu dileher mereka , lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu maka karena itu  mereka   tertengadah......" masyaallah..................aku tertegun...... ingin rasanya setiap kali melihat atau mendengar atau membaca sesuatu aku juga akan seperti sahabatku itu, langsung tau bahwa itu ada didalam Al Quran dan itu bukan suatu kebetualan...............


1 comment:

  1. secara sejarah sih, itu buat melindungi leher para perempuan dari terkaman hewan buas, katanya waktu itu harimau

    lama-lama jadi perangkat kecantikan dan jadi tradisi. merubah tradisi memang sulit ya mbak

    ReplyDelete