Saturday, March 27, 2010

Belajar bercermin

 

 

 

Pernahkah anda mengkritisi diri sendiri ,alias mencari kejelekan diri sendiri? 

Sebab pada kenyataannya kebanyakan yang ada ialah kita mengkritik orang lain, mencaci dan mencerca orang lain, menghina serta  menyakiti orang lain tanpa perduli apakah orang tersebut merasa  tersinggung, sakit hati, marah, kesal atau apalah segala macam kejengkelan oleh ulah kita.

 

Sekarang coba cari sebanyak mungkin kelemahan, kejelekan atau kekurangan diri sendiri, sepertinya   kita tidak akan sanggup untuk melakukannya, atau malah tidak mampu, bukan karena gak bisa tapi cenderung  karena  setelah menilai keburukan diri sendiri yang hasilnya malah membuat marah diri sendiri atau malu……..betapa sesungguhnya kita tidak pantas untuk mencerca, menghina atau menyakiti orang lain karena ternyata kekurangan kita lebih banyak dari orang lain yang nota bene orang lain lebih baik dari kita……nach loe.!!!!

 

Cobalah sekali kali  untuk jujur pada diri sendiri………bukankah ada hadis yang mengatakan sayangilah saudaramu seiman sebagaimana engkau menyayangi dirimu sendiri, dengan kata lain kalau kita menyakiti orang lain berarti  menyakiti diri sendiri, nach sekarang mari kita mencoba merasakan bagaimana sakitnya kalau dicerca, dihina dan dicaci orang lain……..maka sebelum kita menghina orang lain sebaiknya  kita hina dulu diri kita sendiri.

 

Misalnya kekuranganku adalah :

 

Aku tuch orangnya iri-an banget, lihat teman punya benda baru rasanya langsung panas dech koq dia bisa punya? , gue mesti kudu beli juga nich yang lebih bagus dari dia kalau bisa….mending duitnya punya, ngutang juga gak apa-apa yang penting punya , maksa banget dech.

 

Aku itu orangnya emosian, pemarah, cepat naik darah, gak mau dikritik tapi suka banget mengkritik orang lain, ditegur dikit aja langsung tersinggung dan marah2

 

Aku itu orangnya suka dengan kebersihan tapi paling enggan untuk mengerjakan pekerjaan bersih bersih, enakan nyuruh orang lain.

 

Aku itu orangnya tidak sabaran, tapi selalu saja jadi yang paling telat datang kalau janjian sehingga orang lain harus nunggu…..

 

Aku itu cerewet , tapi paling benci kalau lihat orang lain ngomel-ngomel, terus aja aku bilang bawel.

 

Aku itu orangnya stubborn, tapi kalau lihat orang keras kepala gue paling benci banget, rasanya penget jitak aja tuch kepalanya.

 

Aku itu enggak banyak  ilmu tapi kalau orang bicara aku selalu saja menyela seolah yang paling tau, supaya dibilang pintar dan cari perhatian.

 

Aku itu cepat banget tersinggung, sensi kata orang, tapi kalau ngomong suka banget nyinggung nyinggung orang lain,tanpa perduli orangnya sakit hati.

 

Aku itu kalau bicara gak mau berterus terang suka pake nyindir-nyindir…sehingga orang menebak-nebak maksudnya apa?......malah seringkali bikin fitnah,suka ngomongin orang lain dibelakangnya….

 

Aku ini kalau pakaian selalu ketinggalan mode..tapi begitu lihat orang pake baju modelnya aneh dikit langsung aja nyeletuk , warnanya noraklah, potongannya ketinggalan jamanlah …macam2lah

 

Aku itu orangnya suka sinis kalau melihat orang lain, jaim dan merasa yang tercantik, terkaya, terpandai,  terpelajar, …….. pokoknya semua yang terrrr dech ………. Padahal kenyataannya jauuuuuuuuh banget…….idich gak tau malu ya?!!!

 

Itu baru   ketemu  sebelas  macam sifat jelek lho, yang belum ketemu masih banyak lagi, segudang.....aduh benar2 malu banget dech kalau diungkapkan semuanya, soalnya gak ada baik2nya sedikitpun.......


Sebenarnya bukan belum ketemu, sengaja gak diomongin soalnya memalukan ketahuan  kan banyak banget  sisi negatifnya dibanding dari sisi positifnya.

 

Waduch  ternyata aku ini sangat super duper jeleeek banget sifatnya ya…………..weleh weleh…….dengan kondisi seperti begitu koq masih bisa menjelekkan orang lain, masih bisa menghina orang lain.gak tau diri benar ya…….padahal dikamar mandi cermin dipajang gedhe banget lho….. koq gak dimanfaatkan?


Wach mulai sekarang harus lebih sering sering lagi melihat diri sendiri didalam cermin, biar kelihatan yang mana yang mesti dipoles dan didempul .

 

 

2 comments:

  1. buruk muka cermin dibelah..?!

    hehe.. jangan sanpe deh..

    ReplyDelete
  2. tapi itulah umumnya yang terjadi di tengah2 kita

    ReplyDelete