Wednesday, March 17, 2010

Menolak pemberian orang.........



Sudah 3 hari berlalu, tapi perasaan bersalah masih menggelayut dihatiku, ternyata memang berat banget ya memikul beban perasaan bersalah.....
Lebih berat dari pada disuruh mikul sekarung beras.

Perasaan ini bermula ketika dia (seorang teman) memberi sejumlah uang padaku, dan terus terang ketika itu aku tolak, selain karena tidak ingin menadahkan tangan, saya juga tidak merasa sedang membutuhkan................

dan saya tau persis orang ini kalau memberi suka membangkit-bangkit, itu yang saya tidak suka, makanya saya tolak, dengan alasan, kebetulan saya sedang tidak membutuhkan simpan saja, nanti kalau saya butuh akan saya katakan..........


Tidak dinyana perasaannya tersinggung berat, dan ya begitulah sampai hari ini dia gak mau bicara pada saya.

Saya jadi merasa sangat bersalah apalagi besoknya baca buku, Ya Allah disitu disebutkan, :"when muslim  does you a favour, you must accept it, and thank and reward him".....duhhhh
"and when you can't reward him, or fear to offend him then pray for him", dan yang terakhir ini yang saya lakukan, berterimakasih dan mendoakannya , tapi saya menolak pemberiannya.

selanjutnya dikatakan:'never break a muslim's heart by refusing what he offers you, when you know  anything that comes to you through him is in reality from Allah".....walaaaaaa, bikin gue jadi merasa tambah bersalah lagi.... karena berarti saya menolak rezeki yang diberikan Allah pada saya.

Abis gimana dong ..saya menolak karean saya tau orang tersebut memberikannya gak ikhlas, kemudian akan dibangkit2 kembali.....itu yang saya takutkan, sebab sudah beberapa kali kejadian.........................

Ach.............setelah merenung sejenak saya berkesimpulan, seharusnya saya ambil saja pemberiannya untuk tidak menyakitkan hatinya, dan nanti kalau diungkit2, kembalikan saja uangnya, yah dengan kata lain, ambil dan simpan (jangan dipergunakan pemberiannya itu).

Hmmm sepertinya ini memang jalan yang terbaik, saya bebas dari rasa bersalah dan dia tidak sakit hati, yang berarti saya tidak menolak pemberian alias rezeki dari Allah.


18 comments:

  1. Kadang sulit ya mba...disisi lain gak ingin membuat hati kecewa ,,,tp disisi lain pun gak mau suatu hari nanti di ungkit.....smoga mba menemukan jalan yg membuat semua merasa damai...

    ReplyDelete
  2. Insya Alah.. lain kali sudahtau triknya, diterima aja, terus kalau diungkit ya kembaliin............
    susah emang sebab kadangkala kita gak tau orang itu memberikan nya ikhas atau...

    tapi seperti kata buku yg saya baca, no matter what ,terima aja, gak usah perdulimau ikhlas apa enggak itu urusandia dnegan Allah..............ini yang saya lupa sebelum2nya

    ReplyDelete
  3. saya jg pernah mengalamimnya....tp bukan uang..
    tp makanan....rasa nya aduh bingung gmn cara mau mengembalikan nya....:):)

    ReplyDelete
  4. kalau makanan Alhamdullilah disini gak masalah, apalagi biasanya saya menerima dair saudara2 yang muslim (teman2 di masjid) jaid gak ragu kehalalannya.
    tapi kalau bukan teman dari masjid, apalagi ada ayam/daging....ini yg susah, kalau ada acara kumpul2....biasnya saya gak mau ikutan bawa pulang...

    ReplyDelete
  5. Makanan itu dari teman Indo mba..
    tp orang nya suka mengungkit ,padahal makanan udah di makan...klu di kasih ku gak terima....dia nya marah...tp setelah ku trima takut nya di ungkit balik...
    tp kejadian itu udah berlalu...karena teman ku itu sek udah gak akrap lg...

    ReplyDelete
  6. Alhamdullilah.. tuh biasanya kalau kita berdoa agar dijauhkan dari kesulitan, Insya ALlah didengar dandikabulkan olehnya.
    tuch kan dah gak akrab lagi berarti hilang kesulitan dan salah satu pintu dosa,maka syukurilah..

    ReplyDelete
  7. Iyaa mba...saya bershukur.....tp kadang masih mendengar sy dijelek 2 in ...
    tp sy tetap biarkan aja...toh smua itu yg tahu cm Alloh.....saya pamit dulu ya mba....besuk kita sambung lg....mat malam....

    ReplyDelete
  8. bersyukur aja kalau dijelek2in berarti dosanya berkurang sedikit.
    iya selamat tidur ya.... saya baru bangun nih...he2x

    ReplyDelete
  9. Aduh kebalikan nya yaa.....
    mat aktivitas smoga sukses....jd kesehatan nya....
    byeeee.......hihihi

    ReplyDelete
  10. iya saya baru mau memulai beraktivitas, hari ini hari Rabu
    bentar lagi mau jogging
    byeeee..

    ReplyDelete
  11. haha, lucu tuh kalo diterima terus disimpan, pas diungkit-ungkit, kembalikan. solusi yang bagus!

    ReplyDelete
  12. abbis gimana dong, namanya memberi seharusnya kan gak diungkit2 ya, ech ini diungkit2.......ditanyain kemana dibelikan apa?? waduch..... refot kan, ya mending ditolak, ech ternyata ditolak berarti menolak rezeki dari allah, makanya terima dansimpan, kalau ditanya kembalikan.............ambil jalan ringkas, meski lucu memang... ( hi2x)

    ReplyDelete
  13. Oo gitu ya Mbak adab nya... baru tahu hehe
    makasih ya Mbak...

    ReplyDelete
  14. iya begitu dia dari buku " to be a good muslim, the book of assistant"...
    saya juga baru tahu setelahbaca buku itu, makanya jadi malu hati, dan setelah dipikir2 memangbenar sekali, menolak pemberian orang berarti , rezeki yang diberi kan oleh Allah

    ReplyDelete
  15. Mbak Jasmine jangan khawatir, kalo ngasih aku, insya Allah tidak aku tolak heuheuheu

    ReplyDelete
  16. ini aku nemu hadist nya Mbak:
    Rasulullah bersabda, "Penuhilah undangan orang yang mengundang, janganlah menolak hadiah..." (HR.Ahmad dan al-Bukhari di dalam al-Adab al-Mufrid)

    ReplyDelete
  17. Doain Insya Allah senantiasa ada yang mau diberikan ya ( he 2x malu mode on)

    ReplyDelete
  18. Ia.. sebenarnya kita itu sudah tau hanya suka pura2 gak tau, karena ego....
    terimakasih ya untuk hadishnya..............ini dia nih yang suka kita angap remeh, padahal anjuran lansung dari rasul....sekali lagi malu mode on...

    ReplyDelete