Monday, March 1, 2010

Croissant


Description:
Hmmm...lagi tidak terlalu malas, pagi2 sudah sibuk didapur, ngulen adonan roti, bingung mau bikin apa, ach selesaiin dulu aja ntar kalau sudah mengembang baru ditentukan mau dibikin apa......hmmm keknya hari ini enak dech buka puasa dengan roti francais ini........dengan tech hangat atau air jeruk...

Ingredients:
600 grm tepung terigu
1 butir telur
300 ml susu cair
75 gram mentega atau margarin , terserah sesuai selera
1 sm shortening
1/2 st garam
4 sm gula
2 sm olive oil
yeast secukupnya

250 grm mentega beku.
kuning telur untuk olesan

Directions:
Taruh terigu didalam wadah, masukkan susu, telur, olive oil, gula, aduk hingga tercampur rata, masukkan mentega ulenin lagi hingga semuanya tercampur merata, kemudian masukkan yeast, aduk kembali adonan dan terakhir masukkan garam, ulangi mengaduk adonan hingga kalis( tidak lengket ditangan).
Diamkan adonan dengan ditutupi kain basah atau plastik taruh ditempat yang hangat selama sekitar 2 jam hingga mengembang 2 kali lipat dari ukuran semula.

ambil mentega beku, tipiskan dengan cara menekan pake roller (pengiling adonan) sehinga didapat ketebalan sekitar 3 mm, ukuran sekitar 20 x 20 cm.

keluarkan adonan yang telah mengembang, keluarkan udara yang terperangkap didalamnya , aduk balik kemudian masukkan dalam kantung plastik, simpan di kulkas selama 15 menit.(bukan di freezer)

keluarkan adonan giling dengan roller bentuk ukuran 20 x 40 cm denagn ketebalan sekitar 1/2 cm. taruh mentega beku yang telah ditipiskan diatasnya, lipat 3 lalu pipihkan dan tusuk2 dengan tusuk gigi untuk ventilasi udara, masukkan kembali kedalam kulkas selama 15- 20 menit.

keluarkan dari kulkas pipihkan adonan dan lipat kembali dengan arah yang berlawanan , tusuk2 dengan tusuk gigi, bungkus kembali dengan plastik dan masukkan ke dalam kulkas selama 15-20 menit.

keluarkan adonan lakukan hal yang sama sekali lagi dan masukkan kembali ke kulkas selama sekitar 15 menit.

keluarkan adonan giling membentuk ukuran 20 x 40 cm. potong2 bentuk segitiga, gulung dari ujung ke bawah, taruh di loyang, diamkan sekitar 10 menit.

oleso atasnya dengan kuning telur dan panggang dalam oven yang telah dipanskan terlebih dahuli pada suhu 175' C. hingga matang kekuningan.
Angkat sajikan dengan teh hangat.

6 comments:

  1. Minta aja boleh mbak suka banget aku apalagi diisi keju, tapi males nih bikin ginian ribet

    ReplyDelete
  2. iya emang repot bikinnya, tapi kalau beli saya gak berani takut gak halal karena biasanya suka dikasi shortening yang non vegetable dan gelatin..
    begitulah disini kalau pengin apa2 harus mau refot2 goreng komfor sendiri ( hi3x)....

    ReplyDelete
  3. sebenarnya kalau sering2 bikin akhirnya jadi gak susah koq....
    ayo dicoba, tapi kalau di surabaya mending beli kali lebih praktis...

    ReplyDelete
  4. kalau mbak Jasmine, shortening nya pake apa?

    ReplyDelete
  5. Alhamdullilah , pake yang 100% made by vegetable.....

    ReplyDelete