Friday, August 3, 2012

Berbagilah................semasih ada kesempatan


Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah [di jalan Allah] sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (267)

 

 

Bersedekahlah dengan ikhlas,  jika anda memberi sesuatu kepada orang lain maka berikanlah yang terbaik jangan yg jelek atau yang busuk (dr makanan) atau yang rusak, karena anda sendiripun tak akan mau menerimanya jika orang lain memberikan benda yang seperti itu kepada anda…..

Kalau anda menginginkan yang baik2 dari sesuatu, maka orang lain juga punya keinginan yang sama  dengan anda.

Sayangnya banyak dari kita yang entah dengan alasan apa, kalau memberi, justru memberikan benda2 atau makanan yang  sdh tdk diinginkannya….atau tidak terpakapai, padahal Allah jelas2 menganjurkan kita untuk memberikan sebagian dari rezeki yang kita peroleh bukan sebagian dari rezeki yang sdh tdk kita kehendaki...dan Dia akan menggantikannya dengan berpuluh2 kali lipat.

 

Siapa kita yang begitu pelit dengan rezeki yang Allah tidak pernah henti memberikanNya??

 

Mumpung ramadhan gunakan kesempatan untuk bersedekah……….sebelum terlambat, anda akan tau bagaimana susahnya untuk berderma ketika tidak lagi ada orang yang mau menerima sedekah anda.

Saya mengalami hal ini, ketika ingin memberikan sesuatu bingung mau kemana, tetangga ????hmmm mereka memandangpun tidak atas benda yg ingin saya berikan, jangan katakan uang karena mereka tidak menginginkan derma dari saya…...

Makanan?????? Ini dia yang menjadi dilema, selain karena berbeda budaya, beda makanan, beda rasa, susah sekali untuk berbagi, selain ada perasaan takut, kalau2 kenapa2..waduh saya bisa dipraperadilankan….sudah emang refot, bisa tambah reffooottt saya, tapi sesekali mau juga sih memberanikan diri berbagi, misalnya kalau saya goreng ayam ala yg di resto saji, atau bikin kue kering seperti nastar kaastengels dsb……

Karena kalau makanan lainnya even pizza saya gak berani ngasi, karena didalamnya sebagai topping biasanya saya campur dengan bumbu2an atau rempah2….. Ditakutkan kalau dimakan oleh org yg tdk biasa bisa bermasalah dengan perutnya, dan gak kebayang kalau akibatnya saya diseret ke pengadilan.. Nauzubillah, semoga tidak akan pernah ya Allah.. Cuma berhati2 lebih baik….

 

Mau memberi pada pengemis di jalanan??? Hmmm sampai rumah , surat panggilan dr pengadilan  mungkin duluan sampai kerumah…..

 

Nah buat sahabat sekalian, berbagilah selagi ada kesempatan.

  

No comments:

Post a Comment