Monday, August 13, 2012

nyari musuh itu mudah, nyari teman itu susaaah

Ternyata benar kata pepatah, mencari satu sahabat itu susaaaaaah sekali, tapi mencari musuh, masya Allah, gampang benar, dalam waktu hitungan detik, kita bisa menciptakan permusuhan pada banyak orang……

Wadewwwww, kudu hati2 nih, gimana ya caranya agar tidak menjadi musuh??

Hmmmm, mudah2 gampang keknya.

Jangan sembarangan…………..alias jaga lisan………….. ini yang utama, karena lidah itu lebih tajam dari sebilah pedang yang paling tajam sekalipun.

Jagalah ucapan, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.

Kadangkala kita tidak bermaksud hendak menyakiti, niat hati hendak bercanda, apalah daya ternyata sang teman sedang sensi……..

Karena sebab yang kita tidak tau, namun apa jadinya???

Teman merasa tersinggung dan…………………………. banyak sekali yang selanjutnya akan terjadi, bisa jadi Pitnah, bisa jadi ghibah, bisa jadi musibah.

Apalagi kalau yang tersakiti orangnya introvert, tidak berterus terang, sehingga menyimpan sakit hatinya. Ngomong dengan teman yang lain, lalu teman yang lain ngomong ke lainnya……dan seterusnya

Weleeeeh dah kek surat berantai ya…………….dan ini semua terjadi hanya karena lidah yang tak dijaga, melibatkan berapa banyak orang melakukan dosa, dan kita kehilangan teman atau saudara..

Maka berhati2lah……………….. pikir dahulu pendapatan, menyesal kemudian tak berguna..

Jadi sebelum berucap, atau menulis, karena sekarang komunikasi terjalin juga melalui tulisan, pikirkanlah terlebih dahulu kira2 ada gak ya yang tersinggung dengan ucapan/tulisan saya ini???

Hmm susyahnya menjaga lisan……………………………..

Berdasar pengalaman nyata………….hik hik hik……….perbanyak muhasabah, apalagi nih dah mau akhir tahun, umur bertambah sedikit , kelakuan koq masih sama aja……
.
Tags: renungan, self development

No comments:

Post a Comment