Tuesday, February 2, 2010

Indahnya memaafkan


Aku  ini  type seorang pendendam,…….kenapa??????????.  Karena kalau ada orang menyakiti perasaanku maka akan tersimpan dihati dan susah banget dech ngilanginnya, meski dach memaafkan sipelaku, namun gak  bisa lupa….teringat dan teringat lagi………..

"tiada maaf bagimu………." begitu kali ya istilah yang tepat….maaf yang terucap cuma sebatas mulut saja, gak sampai menyentuh jiwa.

 

Mungkin karena rasa angkuh yang berlebihan , merasa paling benar sendiri, atau……..mungkin karena bodoh, gak punya ilmunya tapi sok pintar….ya sepertinya itulah kata yang tepat, syok pintar.

 

Merasa jadi pemenang, merasa bangga dan entah rasa apa lagi yang bersemayam didada. Aneh… menyimpan  dendam koq bangga, memelihara rasa sakit hati  koq sampai terlena???????

 

 

Tapi itulah adanya  bertahun-tahun kusimpan dendam didada, siang dan malam ,hari dan minggu, bulan dan tahun …..masa berlalu….namun aku tetap seperti yang dulu , tak maju-maju.

 

Hingga….akhirnya saat itu tiba juga,karena banyak mendengar, banyak membaca, banyak belajar, dan banyak bertanya. akhirnya aku sadar  bahwa ternyata digandulin dendanm dan sakit hati itu tida enak …….ya mana enak sich tiap hari bawa sekarung dendam , berat kan?????

 

Pelan tapi pasti aku membuang karung dendam kedalam malam, sirna ditelan kelam dan kegelapan. Kini aku berjalan tanpa beban,

 kumaafkan semua orang ,

siapa saja yang menyakiti,

 setiap yang pernah  mencaci,

Dan siapa saja yang telah membenci…

 

Plongg banget dech rasanya punggungku telah kosong dari dendam dan sakit hati..

 

 

 

Cobalah untuk memaafkan orang , tidak perduli sebesar apa kesalahan yang telah dilakukannya pada kita, apalagi kalau pelaku dach minta maaf……sebab kalau kita tidak memafkan, diakhirat kelak, ketika saatnya kita untuk masuk surga……..orang yang tidak kita maafkan akan berkata pada Allah:" Ya Allah jangan biarkan si Fulan masuk surga karena dia belum memaafkan aku, padahal aku telah meminta maaf darinya….."….duch hanya karena maaf yang tak diberikan, kita jadi  tertunda  untuk bisa masuk ke dalam surga,????? Wuich…siapa yang mau ya?????

 

Sekarang setiap malam sebelum tidur, aku berusaha untuk memafkan semua orang yang berhubungan dengan aku seharian.takut kalau aku mati ketika tertidur dan belum memberi maaf, akan ditagih kelak diakhirat..

 

Selain itu….ternyata memaafkan itu indah lho…..………

Allah aja mau meaafkan dosa2 kita dari yang kecil hingga yg paling besar  , nach siapa kita tak mau memafkankan, sombong banget ya??????



note : sindiran untuk diri sendiri

7 comments:

  1. Setujuuu banget mbak nyimpan dendam cuman jadi penyakit. Sakit mulu bawaannya. Saya juga lagi berusaha untuk menerima segala sesuatu dengan ikhlas, meskipun terkadang suseh..

    ReplyDelete
  2. iya emang susah banget, makanya butuh waktu lama bagi saya untuk bisa benar2 bisa memaafkan..
    yuk kita belajar memaafkan.............................

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah..
    yuk saling memaafkan, untuk kesalahan-kesalahan yg belum terjadi dan insya Allah tidak akan pernah terjadi.. semoga :)

    ReplyDelete
  4. memaafkan tanpa ketulusan dalam hati
    cape,
    gimana cara nya supaya ketulusan hadir dalam tiap maaf yg terucap [?]

    ReplyDelete
  5. Insya Allah dimaafkan, dengan hati yang tulus, maafkan saya juga ya

    ReplyDelete
  6. itu dia yang sulit, namun kalau kita mau berusaha Insya Allah gak ada yg gak bisa, yuk belajar memaafkan

    ReplyDelete