Thursday, February 18, 2010

Musik .............haramkah???????????


Bingung nich..........terus terang berat banget rasanya untuk tidak mendengarkan musik, sebab banyak kali, musik mampu untuk menenangkan hati, musik mampu memberikan perasaan nyaman dikala sedang gundah.

Musik mampu menyampaikan apa kata hati, musik mampu menampung semua keresahan, bak tempat sampah, musik pula yang menemani dikala sepi.

Banyak orang bilang musik itu haram, banyak orang bilang musik itu gak boleh dalam Islam, banyak orang bilang musik itu membuat lupa diri, banyak juga yang bilang musik itu sama dengan syetan................

Tapi buatku musik itu indah, musik itu refleksi dari keagungan dan maha karyaNya juga...musik tidak membuatku lupa diri, tidak membuatku terbenam dan dekat dengan syetan.

Mendengar musik membuatku kagum akan ciptaanNya, betapa Dia mampu membuat segumpal darah punya rasa, begitu melankolis, begitu sensitiv, begitu punya makna dan begitu bercerita....siapa lagi yang mampu mencipatakan semua itu jika bukan Dia?????????

Dentingan piano, petikan gitar, pukulan drum, tiupan flute..semua bersatu menciptakan nada dan irama yang sangat indah ditelinga...untuk apa????? 
Hanya orang bijak saja yang mampu mencerna apa dibalik semuanya...

Maaf untuk saat ini aku belum mampu mengabaikan musik, sebab masih menjadi ikhtilaf bagi ulama, ada yang bilang haram ada yang bilang tidak.
bak pisau bermata dua..........tergantung pada pemegangnya untuk apa pisau itu dimanfaatkan, untuk mengiris sayur didapur, atau untuk mengantar orang keliang kubur......????

Buatku musik justru mengingatkanku betapa Maha Pencipta dan Maha Agungnya Dia.......Wallahuallam.



7 comments:

  1. yang tidak boleh kalau musik itu sampai menjauhkan kita dari Allah, kalau syairnya membuat orang lalai dari Allah, kalau syairnya menyesatkan, temanya maksiat, dll, atau penyanyinya mengumbar aurat. Bukankah semua aktivitas keseharian kita haruslah dalam rangka ibadah? Just for sharing kok mbak.

    ReplyDelete
  2. benar mbak..saya juga banyak bertanya pada orang yang menguasai dan banyak tau tentang hukum Islam, jawabannya sama, sepanjang tidak menjauhkan kita dari Allah ya fine-fine aja.. ..
    koq blm tidur? begadang ya??

    ReplyDelete
  3. baru pulang dari rs...hujan rintik sejak sore

    ReplyDelete
  4. baru pulang dari rs...hujan rintik sejak sore

    ReplyDelete
  5. och baru pulang ..
    hujan terus ya dijakarta
    disini dah lama gak hujan terakhir awal januari kemarin yag hujan es....

    ReplyDelete
  6. aku juga suka musik, mba. menurutku musik ga haram.
    hanya saja memang ada yg menjadikan musik sbg alat maksiat. tapi ada juga yg menjadikan musik sbg sarana dakwah. spt lagunya opick, subhanallah, alhamdulillah, istighfar, dll... enak musiknya, bagus syairnya... tiap hari sy puter di kompi kantor untuk menemani kerja :)

    ReplyDelete
  7. nach itu dia.........banyak yg extri bilang musik itu haram "no matter what" makanya saya bingung, lha saya baca hadist buchari sebanyak 20 buku, disana dikisahkan Aisyah ra..bernyanyi dan main musik bersama dengan perempuan2 lainnya , saat Abu Bakar datang dai menegur tapi Rasul SAW mengatakan biarkan mereka karena ini adalah hari raya..

    ReplyDelete