Sunday, December 5, 2010

Main Catur..................hukumnya???


Diriwayatkan oleh Buraida bahwa  rasul SAW berkata: "Barang siapa bermain catur, seperti orang yang melumuri tangannya dengan darah  dan daging babi"..........hadish riwayat Muslim ( 2260)


permainan catur adalah sebuah permainan ketangkasan yang memerlukan keahlian  berfikir, dalam hal ini adalah strategy yang bisa dibandingkan dalam ketangkasan memanah.

Ulama berbeda pendapat tentang bermain catur, sebaian mengatakan halal dan sebagian lain mengatakan haram dan sebagian mengatakan makruh.


Yang perlu diingat adalah , terbukti bahwa permainan catur hanya ada setelah kematian dari rasul SAW  ,sehingga besar kemungkinan hadish yang mengharamkan catur tidak shahih atau mungkin mengada2 alias palsu.....

Sebagian sahabat pada generasi kedua membolehkan permainan catur, dan berpendapat bahwa  catur merupakan suatu permainan yang melatih mental  karena membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang matang.

Dus karena itu bermain catur dikatakan boleh dengan 3 kondisi 

1. Tidak melenakan sehingga lalai dan melupakan sholat

2. Tidak ada taruhan dalam permainan tersebut

3, Tidak megucapkan kata2 kotor /cabul atau vulgar.

Ini  kurang lebih inti sari dari ,dari buku halal and haram, oleh yusuf qardawi...

Hmmm .gimana ya...

Ini nih yang bikin aye bingung, mana yang benar??

Persoalan 3 hal diatas ya dijamin tidak akan terlibat orang aye main ama anak2 hanya sekedar untuk iseng doang , itung2 ya mengasah otak, ibarat mengisi  teka teki silang................


Yang satu hadish, dimana beliau adalah murid dari imam buchari yang hidup tidak jauh setelah rasul SAW wafat, sementara buku tersebut dikarang jaman sekarang 14 abad setelah kematian rasul saw..


Kira2 yang mana yang lebih akurat pendapatnya ya???

Ada kah yang punya referensi lain soal ini?? soalnya saya demen banget main catur................(untuk sementara caturnya di pensiunkan dulu deh masukin closet)....


4 comments:

  1. oh begitu.. baru tau mbak. sfs ^^b

    ReplyDelete
  2. sy juga baru tau setelah baca bukunya....
    danberharap ada org lain yg tau danmau ngasi masukan, soalnya saya suka main catur

    ReplyDelete
  3. ada yang bilang haram...ada makruh...ada yang bilang harus...artinya kita masih bisa milih, sesuai kata hati sajalah...

    beda lagi kalau para ulama sudah bulat mengatakan haram...

    ReplyDelete
  4. iya sih....padahal kalau ditinjau dari segi manfaat, catur itu sangat berguna untuk melatih otak anak2 agar tetap terangsang, terutama dalam segi matematika strategy..

    yach, gak main catur juga gak apa2 sich..dri pada , dari pada he he he
    makasih dah mampir

    ReplyDelete