Friday, December 31, 2010

Sholat penghubung manusia dengan Allah................


Sholat : merupakan sebuah media secara langsung antara Allah dengan hambaNya, dimana, Rasul SAW bersabda :” sesungguhnya jika seseorang sedang melakukan sholat, maka dia sedang berbincang-bincang langsung dengan Allah yang menciptakanNya ( Bukhari ).



Allah berfirman dalam hadish Qudsi:" Aku membedakan sholat antara Diriku, dan sholatnya hambaKu menjadi dua bagian, dan Aku akan mengabulkan permintaan dari hamba2Ku."

Ketika seseorang berkata: ‘Al-Hamdulillaahi Rabb-il-‘Alamiin’ , Allaah berkata: ‘och…..hambaKu sedang memujiKu .’



Saat seseorang berkata : ‘Ar-Rahmaan-ir- Raheem’, Allaah berkata: “hambaKu menyanjung dan meninggikan Aku.’



Dan ketika seseorang berkata: ‘Maaliki-yawm- id-Diin’, Allaah berkata: ‘hambaKu sedang memberikan salam takjimnya untukKu.’

Dan apabila seseorang berkata: ‘Iyyaaka Na’bdu wa Iyyaaka Nasta’iin’, Allaah berkat: ‘ Ini antara Aku dan hambaKu,dan hambaKu akan mendapatkan apa yang dimintanya dalam doanya “.


Maka saat seseorang berkata: ‘Ihdinaas-Siraat- al-Mustaqiim. Siraat-aladjeena an’amta ‘alaihim. Ghairil-Maghduubi ‘alaihim wa lad-Daalliin’ , Allaah berkata: ‘ Ini untuk hambaKu, dan untuk Hambaku apa-apa yang dia minta dalam doanya. (hadish, Muslim.)


Sholat merupakan salah satu bentuk ibadah , pelaksanaan dari penyerahan diri sepenuhnya pada Allah, dimana seseorang bisa merasakannya dengan sempurna, dimana ada takbir yang memulai pelaksanaannya, diteruskan dengan berdiri tegak sambil membaca firman Allah.

Rukuk yang merupakan symbol dari merendahkan diri padaNya.
Lalu I’tidal yang diisi dengan memujiNya kembali, lalu bersujud memuliakan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Kuasa diatas segala-galaNya……..

2 comments: